24 Agustus 2009

AIR SUNGAI DI SYURGA DARI MADU DAN SUSU DAN SEBAGAINYA

Satu lagi keistimewaan Syurga, ialah sungainya yang luar biasa airnya, yang mungkin tidak ada buat selamanya air sungai syurga, seperti di dunia. Dan tidak akan sanggup manusia menuruti membuat sungai yang airnya dari madu atau dari susu. Berapa Milyard kah ongkosnya, untuk membuat sungai seluas kota jakarta, kalau sungainya diisi dengan madu, atau arak, susu dan sebagainya?
Cobalah perhatikan Firman Alloh :

فِيهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ وَأَنْهَارٌ مِنْ خَمْرٍ لَذَّةٍ لِلشَّارِبِينَ وَأَنْهَارٌ مِنْ عَسَلٍ مُصَفًّى

"Yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring"
Q.S Muhammad ayat 15.

Adapun air sungai susu, bukan susu yang diperas dari sapi atau kambing, akan tetapi ia terbit dari mata air yang sudah menjadi susu, oleh sebab itu susunya tidak akan menjadi basi buat selama-lamanya.
Begitu pula sungai madu, yang mana madu ini, bukan madu yang diambil dari madu lebah atau tawon, atau madu kelanceng, akan tetapi madu itu, ialah asli madu dari mata air, yang terbit dibawah pokok Sidratul-Muntaha.
Demikian pula sungai arak yang lezat, arak mana bukan di buat di pabrik, yang dibuat dari anggur, akan tetapi arak itu, memang semata-mata arak yang terbit sudah jadi arak dari mata air.
Demikianlah kekuasaan Tuhan menjadikan air sungai itu semua. Dengan kudrat dan iradatnya. Pendeknya segala kenikmatan ada di syurga serba luar biasa, yang mana semuanya itu, Hak Tuhan Dzul Jalal wal Jamal, yang akan diberikan atau akan ditempati disana, bukan sembarang makhluk atau hamba-Nya, kecuali kepada orang-orang yang taqwa.

أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

"Syurga itu disediakan untuk orang-orang yang taqwa"

Sebagaimana kita tahu bagi orang yang mempelajari ilmu bumi, atau orang-orang yang telah pergi keliling dunia, sudah tentu mereka tahu, bahwa dimana-mana negeri, di Eropa, atau di Asia ada nama-nama sungai yang termashur. Demikianlah pula di Indonesia, seperti dipalembang, sungai musi, sungai gerong, sungai serayu, sungai citarum, bengawan solo, di jawa dan lain-lain di indonesia.
Sungai Neil di mesir, sungai Furat di Iraq, sungai tigris di India, sungai donau di Jerman, sungai yang tse di Tiongkok, Mississippi di amerika dan lain-lain sebagainya.
Begitu pula di syurga ada sungai-sungainya yang terkenal yang disebutkan namanya di dalam Al-Qur'an. Sungai-sungainya yaitu : Sungai Al-Kautsar, yang alirannya berhubungan dengan telaga kautsar, Sungai Salsabil, Sungai Zanzabil, Sungai Ma'alhajat, Sungai Rahikum Mahtum, Sungai madu, Sungai Arak, Sungai Susu, dan di sana pun ada telaga-telaga besar diantaranya, telaga Al-Kautsar.
Demikianlah keadaan sungai-sungai di syurga, oleh sebab itu di dalam Al-Qur'an, tiap kali Tuhan menyebutkan Syurga selalu disebutkan sungai-sungai yang mengalir di bawahnya.

جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar