01 Juli 2009

IBLIS KELUAR DARI SYURGA

Pada suatu masa Alloh memanggil berkumpul semua malaikat untuk sujud kepada Adam, yang mana sujud kepadanya bukanlah sujud untuk menyembah Adam, tapi sujud itu adalah Sujud sebagai penghormatan terhadap Adam, sesuai kedudukan Adam yang akan menjadi Khalifah Tuhan di Dunia.
Kemudian semua Malaikat sujud , kecuali Iblis sendiri yang tidak mau sujud, seperti Alloh terangkan berturut-turut dalam surat Al-A'raf dari ayat 12 sampai ayat 17 :
seketika dilihat Iblis tidak mau sujud lalu Tuhan menegurnya:

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ

Tuhan menegurnya : "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?"

قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ

Jawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah".

Begitulah jawab Iblis dengan sombong, sudah barang tentu jawaban demikian, tidak sepantasnya diucapkan dihadapan Tuhan, apalagi perintah itu datangnya dari Tuhan. Sudah selayaknya sebagai makhluk Alloh, hendaknya ia tidak keberatan untuk melakukan perintah itu. Akan tetapi karena kesombongannya itu ia berbuat demikian, berani membantah perintah Tuhan.
kemudian Tuhan berfirman :

قَالَ فَاهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُونُ لَكَ أَنْ تَتَكَبَّرَ فِيهَا فَاخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ الصَّاغِرِينَ

Allah berfirman: "Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina".

الَ أَنْظِرْنِي إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

Iblis menjawab: "Beri tangguhlah saya03 sampai waktu mereka dibangkitkan".
(03) : Maksudnya: janganlah saya dan anak cucu saya dimatikan sampai hari kiamat sehingga saya berkesempatan menggoda Adam dan anak cucunya.

قَالَ إِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ

Allah berfirman: "Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh."

Rupanya Iblis sudah menjadi Nekat, setelah diberi waktu yang cukup lama sampai kiamat, bukan berpikir mau bertobat atau meminta maaf atas kata-katanya yang sudah terlanjur, malah semakin mengeluarkan ancaman terhadap Adam dan keturunannya.

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ

Iblis menjawab: "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,

ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

kemudian iblis berkata lagi : "Pasti Saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan men-dapati kebanyakan mereka bersyukur (ta'at).

Demikian peristiwa iblis yang tidak mau sujud kepada Adam, akhirnya ia diusir dari Syurga.
menurut riwayat lain, sesungguhnya iblis itu keturunan Jin, Seperti Alloh terangkan dalam surat Al-Kahfi ayat 50 :

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai/membantah perintah Tuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar