01 Juli 2009

RIWAYAT NUR MUHAMMAD

Riwayat Nur Muhammad datang berkunjung kepada empat unsur, yaitu ; Air, Api, Angin dan Tanah atas titah Alloh Yang Maha Esa.
Pertama-tama Nur Muhammad datang mengunjungi angin, dikala itu dilihat angin sedang bermegah-megah bertiup berputar-putar. Setelah mendengar Nur Muhammad memberi salam lalu berhenti dan membalas salamnya.

Kata Nur Muhammad : "Hai angin, jika engkau sadar dan mengetahui kadar derajat dirimu, niscaya engkau bermegah-megah secara demikian itu. Tahukah engkau kerendahan dirimu?"

Jawab angin dengan rasa terkejut : "Tidak, aku merasa puas dengan diriku."

Kata Nur Muhammad : Tahukah engkau hai angin, meskipun engkau mempunyai tenaga yang cukup besar dan mempunyai kekuatan yang luar biasa, akan tetapi engkau pada suatu ketika akan dapat di perintah oleh manusia dan engkau akan melayani kehendak manusia".

Kata angin : Jika begitu, engkaulah makhluk yang tidak cacat celanya mempunyai martabat yang tinggi.

Kata Nur Muhammad : Tidak hai angin, aku adalah makhluk Tuhan yang tidak sunyi daripada kesalahan. Hanya Alloh Tuhan Maha Suci daripada sifat kerendahan dan kekurangan.

kemudian Nur Muhammad pergi mengunjungi api. Dilihat api sedang berkobar menyala -nyala dengan dahsyatnya. Maka setelah mendengar Nur Muhammad mengucap salam, lalu berhenti dan menjawab salamnya.

Kata Nur Muhammad : Mengapa engkau membanggakan dirimu dengan kekuatanmu, apakah engkau tidak tahu, bahwa suatu ketika kekuatanmu yang begitu luar biasa dan tenagamu yang begitu dahsyat akan digunakan untuk keperluan manusia?

Mendengar kata Nur Muhammad demikian, terkejutlah api karena ada lagi makhluk yang lebih kuat lagi daripadanya.
Kata Api kemudian : Kalau begitu, beruntunglah engkau. Rupanya engkau makhlik yang mulia di sisi Tuhan.

Kata Nur Muhammad : Tidak, aku adalah makhluk ciptaan Tuhan. Hanya Dia lah Yang Maha Mulia dan Maha Besar yang patut mendapat pujian dari Makhluk-Nya.

Kemudian Nur Muhammad datang mengunjungi Air, dilihatnya air sedang memuaskan dirinya diperlihatkan tenaganya dan kekuatannya. Mendengar Nur Muhammad mengucapkan salam lalu berhenti dan membalas salamnya.

Kata Nur Muhammad : Hai air, tahukah engkau akan kekurangan dirimu?

"Tidak" jawab air dengan terkejut.

Kata Nur Muhammad : Tahukah engkau pada suatu ketika, pada saat yang lama, engkau akan digunakan tenagamu untuk kepentingan hidup manusia.

Kata Air : Jika demikian, Engkaulah makhluk yang mulia.

Jawab Nur Muhammad : Tidak, aku tidak lebih hanya sebagai makhluk Alloh. Hanya Allohlah yang patut menerima pujian dan sanjungan dari makhluknya.

kemudian Nur Muhammad pergi mengunjungi bumi. Dilihatnya bumi tenang-tenang saja tidak nampak sifat sombong dan congkak. Ia membalas salam dengan hormat ketika Nur Muhammad mengucap salam.

Kata Nur Muhammad : Akulah Nur Muhammad yang kelak akan menjadi kekasih Tuhan Robbul 'Alamiin. Diantara keempat unsur makhluk Tuhan, hanya engkaulah yang mempunyai sifat Tawaddhu' merendahkan diri.

kemudian Nur Muhammad kembali ke hadirat Tuhan melaporkan kunjungannya kepada ke empat unsur makhluk Tuhan itu.
Kata Tuhan : Semuanya sudah aku ketahui.
oleh karena itu aku bermaksud akan menjadikan tubuh Adam dari tanah dan aku campurkan pula tiga macam unsur itu. Yaitu : air, angin dan api.
Demikian riwayat Nur Muhammad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar