09 Juli 2009

CIRI-CIRI KIAMAT DAN SURAT WAL ASHRI

Kata setengah 'Ulama bahwa Nabi s.a.w. telah bersabda, katanya kiamat akan tiba tidak sampai dua ribu tahun mendatang. Keterangan ini diperkuat dengan turunnya surat Wal-Ashri :

وَالْعَصْرِ * إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ * إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

"Demi masa * Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, * kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran."
Demikian bunyi ayat itu selengkapnya.

Sekarang yang menjadi tanda tanya ; ,,Mengapa Alloh bersumpah dengan mengatakan waktu ashar, dan keadaan suratnya pun sangat pendek sekali? surat ini berisi tiga ayat, dan surat ini letaknya di juzu' yang terakhir.
Menurut pandangan ahli tafsir, Ashar itu adalah waktu yang sempit atau waktu yang sedikit, yang mana maksudnya menunjuki akan datang pergantian waktu yang tidak terlalu lama, yaitu siang akan berganti malam, tinggal beberapa saat lagi, siang itu akan habis.
Maka demikianlah keadaan dunia ini.
Pada zaman kelahiran Nabi Muhammad s.a.w. ketika itu seolah-olah dunia sudah waktu ashar, maka diperkuat lagi dengan kepribadian Nabi s.a.w. sebagai utusan Tuhan yang terakhir, yang mana Tuhan tidak mengutus lagi seorang Rosul sesudah beliau.
Sebagaimana sabda beliau demikian :

بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَا تَيْنِ * وَأَشَارَ بِالسَّبَابَةِ وَالْوسْطَي

Artinya : "Dibangkitkan aku, dengan hari kemudian seperti dua ini. Sambil Beliau memberi isyarat jari telunjuk dengan jari tengah"

Nabi Muhammad s.a.w. mendapat julukan Nabi akhir zaman.
Setelah 'Ulama berkata bahwa junjungan ita Nabi Muhammad s.a.w. sudah menjadi dalil, zaman sudah hampir berakhir. Beliau mendapat julukan Nabi akhir Zaman. Dan keterangan Beliau dapat dijadikan pegangan, segala tanda-tanda kiamat beliau telah kemukakan, dan kita kini tinggal, menanti dan tinggal membuktikan.
Alloh Subhanahu Wa Ta'alaa tidak menjelaskan didalam Al-Qur'an, bahwa menjelang dunia akan kiamat, akan dikenakan azab siksaan kepada penduduk dunia ini, sebagaimana telah disebutkan diatas tadi.
Pertama dengan terjadinya bencana alam berulang-ulang dimana-mana, seperti gunung meletus, goncangan bumi, tanah longsor, banjir besar. Ini menunjukan selain memang dunia sudah tua.
Dan kedua adalah siksaan Alloh kepada umat manusia yang tidak mau sadar atas kekuasaan Alloh.
tetapi Alloh tidak akan menurunkan azab kepada umat manusia dengan semena-mena saja. Tiap-tiap Alloh timpakan siksaan pada suatu umat, atau suatu bangsa, maka lebih dulu umat itu sendiri telah mendurhakai Tuhannya.
Cobalah perhatikan Firman Alloh dalam surat Al-Israa ayat 16-17 :

وَإِذَا أَرَدْنَا أَنْ نُهْلِكَ قَرْيَةً أَمَرْنَا مُتْرَفِيهَا فَفَسَقُوا فِيهَا فَحَقَّ عَلَيْهَا الْقَوْلُ فَدَمَّرْنَاهَا تَدْمِيرًا

"Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menta'ati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya."

وَكَمْ أَهْلَكْنَا مِنَ الْقُرُونِ مِنْ بَعْدِ نُوحٍ ۗ وَكَفَىٰ بِرَبِّكَ بِذُنُوبِ عِبَادِهِ خَبِيرًا بَصِيرًا

"Dan berapa banyaknya kaum sesudah Nuh telah Kami binasakan. Dan cukuplah Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Melihat dosa hamba-hamba-Nya."

Demikianlah Firman Tuhan memberi peringatan kepada umat manusia.
Demikian pula kiranya kejadian pada zaman-zaman akhir ini, bermacam-macam azab yang ditimpakan kepada umat manusia, berupa bencana alam yang bertubi-tubi datangnya dimana-mana.
Baik yang terjadi di Asia, di Eropa, atau di Amerika, maupun yang terjadi di kepulauan Indonesia, seperti meletusnya gunung agung di bali, gunung kelud, gunung merapi dan lain-lain dan belum lama ini gunung lokon di Minahasa.
Banjir besar di Solo karena tanggul bobol, kelaparan di daerah gunung kidul, hama tikus yang menghabiskan padi disawah berhektar-hektar, bobolnya waduk sempor tanah longsor di bagian cianjur, dan kejadian yang tidak diduga-duga yaitu angin tofan mengamuk di kebun raya bogor pada tahun 1969 yang membawa korban manusia.
Belum lagi bencana alam yang terjadi di luar negeri yang berulang-ulang, seperti yang terjadi gempa bumi di turki yang banyak meminta korban manusia. Angin tofan di Jepang dan Amerika. Pendek kata, pada abad-abad yang akhir ini, dunia sering mengalami bencana alam hebat-hebat. Hal ini pada hakekatnya, adalah siksaan Tuhan kepada umat manusia. Dan sudah barang tentu, Tuhan tidak menyiksa suatu umat, jika umat manusia itu tidak berdosa.
Selain dari itu, terjadi peperangan yang tidak habis-habisnya, sejak perang dunia kedua tahun 1945 sampai kini. Seperti perang saudara antara Korea Utara dan Korea Selatan, demikian pula di Vietnam, dan lain-lain negara lagi, yang sangat lama lagi ialah peperangan di Timur tengah antara orang Yahudi dengan bangsa Arab, sejak 1931 sampai kini belum selesai.
Dan sebagai ciri-ciri akan tiba saat kiamat, adalah terjadi peperangan kaum muslimin dengan bangsa Yahudi, Seperti sabda Nabi s.a.w.
Perhatikan sabda beliau :

لاتقُومُ السَّاعَةُ حَتَّىٰ تُقَاتِلُواالْيَهُودَ حَتَّىٰ يَقُولُ الحَجَرُوَرَاءَهُ الْيَهُودِيُّ يَامُسْلِمُ هَذَٰا يَهُودِيٌّ فَاقْتُلُهُ
رَوَاهُ البُخَرِى

"Tidak berdiri saat kiamat, sehingga kamu berperang dengan orang yahudi, hingga batu yang berbeda disebelahnya berkata : ,,Hai orang muslimin, inilah dia orang yahudi dan bunuhlah dia"

Para pembaca yang budiman.
Kita semua tahu, sejak bangsa yahudi kembali ke Palestina, dan mendirikan negara apa yang dinamakan negara Israil, atas bantuan sekutunya Inggris dan Amerika sejak tahun 1931, sampai kini keadaan di Timur tengah bergolak terus. Kota "Baitul Muqaddis sudah dikuasai oleh bangsa yahudi. Dan yang buruk lagi perbuatan bangsa yahudi ini ialah di bakarnya Masjidil Aqsho.
Demikian keadaan timur Tengah sampai pada saat ini, dan jelasnya peperangan antara umat islam bangsa Arab dengan bangsa Yahudi. Dan inipun salah satu dari saat-saat kiamat akan tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar