15 Juli 2009

MASIH ADA KESEMPATAN BILA MAU TOBAT

Pada malam seperti itu, masih ada kesempatan bila orang masih mau bertobat, dan langsung mau beribadat. Bagi orang yang mau sadar dan mau insyaf, masih ada kesempatan baik baginya. Setelah diperhatikan dan ditemukan orang-orang yang sedang berzikir di mesjid dan ditanya olehnya barulah mereka mengerti mengapa keadaan seperti itu, timbullah rasa takut di dalam hatinya terbayang kepadanya segala dosanya yang telah lalu. Lalu ia turut bersama-sama beristighfar di dalam mesjid. Di sana ia mengatakan tobatnya bersama mereka itu.
Itulah Hikmatnya Tuhan jadikan malam yang panjang, memang Alloh Maha Bijaksana, dibukakan kesempatan bagi hambanya pada malam itu jika hambanya masih mau bertobat. Sebab manakala esok harinya, setelah matahari terbit, pintu tobat akan ditutup, walaupun bagaimana mereka menyatakan tobat. Karena besok matahari akan terbit dari sebelah barat. Maka disitulah batas waktunya pintu tobat ditutup oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.
Perhatikan Sabda Nabi Muhammad S.A.W :

لَاتقُومُ السَّاعَةُ حَتَّىٰ تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْمَغْرِبِهَافَإِذَا رَآهَاالنَّاسُ آمَنَ مَنْ عَلَيهَافَذَاكَ حِينَ لَايَنْفَعُ نَفْسًاإِيْمَانُهَالَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ

رَوَاهُ البُخَرِى

"Tidak terjadi hari kiamat, hingga terbit matahari dari sebelah barat, maka apabila hal itu dilihat oleh manusia, lalu mereka baru beriman. Maka iman mereka dikala itu tidak ada gunanya, kecuali lebih dulu beriman sebelum itu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar