18 Juli 2009

DUNIA SUDAH BERGANTI RUPA

إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ * وَأَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْ * وَإِذَا الْأَرْضُ مُدَّتْ

"Apabila langit terbelah, * dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh, * dan apabila bumi diratakan," ( Q.S Al-Insyqaaq ayat 1-2-3 )

Demikian wajah dunia jadi berganti rupa, seluruh muka bumi betul-betul rata semuanya. Sejauh-jauh mata memandang permukaan bumi sudah menjadi lapang. Inilah kekuasaan Tuhan, bumi bersinar putih laksana perak keabu-abuan.

يَوْمَ تُبَدَّلُ الْأَرْضُ غَيْرَ الْأَرْضِ وَالسَّمَاوَاتُ ۖ وَبَرَزُوا لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ

"Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan mereka semuanya (di padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa." ( Q.S Ibrahim ayat 48 )

Jelasnya bahwa keadaan bumi bukan seperti bumi yang dulu, dan langit tidak seperti langit yang dulu, semua ciptaan baru.
Perhatikan sabda Nabi Muhammad S.A.W :

يُحْشَرُالنَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِعَلَىٰ أَرْضِ بَيضَاءَعَفْرَاءَكَفُرْصَةٍالْنَّقِى لَيسَ فِيهَاعَلَمٌ لِأَحَدٍ * رَوَاهُ البُخَرِى

"Nanti akan dibangkitkan manusia dihari kiamat diatas muka bumi yang putih warnanya keabu-abuan, seperti sebuah bola yang putih tiada disana suatu gunung"

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَافَانٍ * وَيَبْقَىٰ وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

"Tiap apa yang ada di muka bumi binasa. Yang kekal hanya dzat Tuhanmu yang Maha Besar dan Maha Mulia"

Dikala itu sudah habis mati tiap-tiap makhluk yang berjiwa, hanya beberapa makhluk lagi, Yaitu Jibril, Mikail, Israfil, Izrail dan Iblis. Kemudian Tuhan menyuruh malaikat Izrail untuk mengambil nyawa iblis. Dan pada waktu itu Tuhan berikan kekuatan yang luar biasa kepada Izrail untuk menghadapi Iblis, supaya dikenakan kepadanya rasa sakitnya Sakaratul-Maut yang pernah dirasakan sebanyak Jin dan manusia, disuruhnya pula Malik malaikat neraka untuk membawa rantai dari neraka untuk mengikat Iblis itu. Kemudian Izrail dan Malik membawa rantai besi itu pergi mencari Iblis, maka setelah bertemu, lalu dipukul Iblis itu sekuat-kuatnya sehingga Iblis itu menjerit kesakitan, seketika itu ia jatuh pingsan. Andaikata kalau sekiranya masih ada Jin dan Manusia yang masih hidup dikala itu, akan matilah seketika itu mendengar jeritan Iblis. iblis tidak sadar beberapa saat lamanya.
Setelah ia sadar kembali Izrail berkata : " Hai Mal'un, pada hari ini kamu, tidak dapat melepaskan diri dari tanganku, Akulah yang diperintah untuk mengambil nyawamu. Pada saat-saat inilah sudah tiba saat kematianmu, Aku akan kenakan kepadamu sejumlah sekarat daripada manusia dan Jin, yang telah kamu perdayakan. Sudah berpuluh ribu tahun umurmu didunia ini, tidak sedikit dari Jin dan Manusia yang kamu jerumuskan ke lembah dosa. kamu bujuk dia, sehingga mau durhaka kepada Tuhan. Sekarang kamu akan merasakan azab sekarat yang melimpah-limpah sesuai dengan perbuatanmu ini."
Setelah Iblis mendengar kata Izrail, serta dilihat disisinya malik berdiri dengan memegang rantai besi, tiba-tiba Iblis melompat lalu lari sekuat-kuatnya. Bila ia lari kesebelah timur, tiba-tiba Izrail sudah berada dihadapannya. Bila lari sekuat-kuatnya kesebelah barat, tiba-tiba dilihatnya Izrail sudah berdiri dihadapannya dan begitu seterusnya.
Kata Izrail : "Hai Iblis, cobalah kamu lari pula sekarang sekuat tenagamu, habiskan kekuatanmu semuanya, silahkan kamu lari kemana kamu akan pergi, akan tetapi akan sia-sialah perbuatanmu. Kamu tak akan dapat melarikan diri dari padaku, walaupun kamu akan melarikan diri kelangit ketujuh sekalipun, hanya masih ada beberapa saat lagi untuk kamu hidup diwaktu ini."
"Jikalau tidak, niscaya sudah dari tadi aku renggut nyawamu"
Kata Iblis : "Ya Izrail, berilah tempo kepadaku untuk pergi ke kubur Adam"
konon ceritanya setelah Iblis bertemu mencari kubur Adam, lalu ia meratap disisi kuburnya : "Hai Adam, dari karena kamulah, aku jadi durhaka kepada Tuhan, dari sebab kamulah ya Adam aku jadi terkutuk"
"Hai Izrail dengan cara apakah anda akan mencabut nyawaku?"
"Sudah kukatakan, kamu akan merasakan sekarat luar biasa" Demikian kata Izrail.
Iblis tidak berdaya, ia harus menyerah, ia diikat dengan rantai oleh Malik sekuat-kuatnya, sehingga ia tidak dapat lari, tangan dan kakinya dibelenggu. Kemudian kata Izrail : "Tahan rasanya sekarat ya Iblis!" Lalu Izrail menarik nyawa Iblis, maka ketika itu Iblis menjerit kesakitan meronta-ronta, nyawanya terus ditarik dengan paksa, kelihatan tubuhnya bergerak bagaikan putus rantai itu, disaksikan oleh Malik.
Demikian Iblis menjerit-jerit, melolong kesakitan seketika nyawanya sedang dicabut. Rupanya sakitnya luar biasa sehingga iblis menjerit sekuatnya. AKhirnya tamatlah riwayat Iblis, berbareng dengan tamatnya riwayat dunia. Kemudian Alloh menyuruh Izrail mencabut nyawanya Roqib, 'Atid, Jibril, Mikail, Isrofil dan lain-lainnya, kemudian Izrail menarik nyawanya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar