04 Juli 2009

PEMBALASAN KUBUR

Kembali kita bicarakan siksa kubur atau nikmat kubur, tidak seorang pun dapat mengetahui keadaan di kubur, Kecuali Alloh yang mengetahuinya. Karena siksa atau nikmat kubur sudah di atur oleh Alloh. Sebagaimana halnya orang yang mendapat impian bukanlah kehendak orang tidur itu sendiri.
Diterangkan dalam hadits jikalau orang yang di kubur orang yang shalih, maka ia akan menerima balasan yang baik. Itulah yang dinamakan Nikmat kubur.
Setelah dia dapat menjawab pertanyaan Munkar dan Nakir, dia tidak mendapat siksaan, karena jawaban benar, lalu malaikat itu pergi.
Setelah malaikat itu pergi, kedengaran pula orang datang mengucap salam, dilihatnya orang itu serupa benar dengan rupa dirinya, tapi dia lebih bagus dan memakai pakaian bagus. Orang itu lalu bertanya : "Siapa engkau?" Jawabnya : "Aku ini amalmu, dan aku datang kemari untuk menemanimu". Orang itu merasa girang sekali kedatangan amalnya menjadi teman, ia merasa beruntung disitu baru diketahui bahwa dia telah beramal shalih dan mendapat kurnia dari Tuhan, Kemudian orang itu disuruh tidur seperti tidurnya penganti baru.
Kuburnya terasa lapang dan lega, dia berada disuatu alam, yang sangat asing baginya, dia merasa tidak mati dan dia tetap hidup disitu, menanti sampai bangkit kubur.
Akan tetapi bagi mereka orang-orang durhaka, setelah orang-orang yang mengantarnya kembali beberapa langkah, si mati merasa hidup kembali, Ia merasa disuatu alam yang sangat asing, sunyi, sepi, seperti terasa dalam mimpi, tapi bukan mimpi, kini telah menjadi kenyataan baginya. Sadarlah ia sekarang, bahwa ia telah berada di alam seorang diri. Kini dia sudah terpisah dari dunia, terpisah dari sanak keluarganya, berpisah dari semua yang dimilikinya.
Kini betul-betul baru percaya, apa yang dikatakan orang kepadanya. inilah yang dinamakan mati, meski dia merasa hidup, tetapi tidak dapat berbuat apa-apa. meskipun ia berteriak sekuat tenaga, tetapi tidak akan dapat didengar orang. Ia dapat mendengar suara orang yang masih hidup tapi yang masih hidup tidak dapat mendengar suaranya, dia dapat melihat orang yang masih hidup, tapi yang hidup tidak dapat melihatnya. Dia seperti terkurung didalam sangkar kaca, dia dapat melihat barang disekelilingnya, tapi dia tidak dapat bergerak ke mana-mana.
Sekarang ia sadar bahwa dia telah berada di alam yang ia sendiri belum kenal yaitu alam "Barzakh". Entah berapa lama ia berada disitu ia sendiri tidak tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar