10 Juli 2009

MELUASNYA AGAMA ISLAM ZAMAN SEKARANG

Jika kita mengikuti perkembangan Islam 40 tahun akhir-akhir ini, sungguh orang tidak menyangka demikian pesatnya kemajuan Islam. jika dulu, 40 tahun yang lalu, tidak berapa jumlahnya orang eropa yang memeluk agama Islam. Baik di Barat maupun di Amerika, walaupun ada orang-orang yang memeluk agama islam disana, adalah orang-orang Islam yang datang berniaga di negeri itu. Misalnya orang dari Turki, dari India, dari Arab, dari Iran, dan ada juga dari negeri Asia yang menganut agama Islam.
Akan tetapi kini, pemeluk agama Islam sekarang di Eropa dan di Amerika terdiri dari berbagai bangsa orang Inggris, Amerika, Jerman, Rusia, Australia dan lain-lain bangsa kulit putih, belum lagi perkembangan Islam di Asia.
Kalau dalam masa seperempat abad yang lalu, tiga perempat bagian bangsa di Asia atau dimana negeri yang sebagian penduduknya beragama Islam, adalah masih tergenggam dalam tangan penjajah bangsa kulit putih. Tegasnya penjajah umat Kristen kepada bangsa di Asia yang beragama Islam, budha, Hindu dll dibenua Asia dan Afrika.
Demikian keadaan umat disebelah Barat di Afrika dan di sebelah Timur, kecuali Jepang sebelum perang dunia ke II.
Akan tetapi dengan Takdir Tuhan, setelah perang dunia ke II bangsa indonesia lepas dari rantai penjajahan. Bahkan Indonesia yang pertama kali jadi pelopor kemerdekaan di Asia Tenggara, dan memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 agustus 1945, setelah 350 tahun dijajah bangsa belanda dan ditambah oleh penjajah Dai Nippon ( bangsa jepang ) tiga setengah tahun. Hanya di Asia Tenggara pada tahun itu buat pertama kali muncul negara Republik Indonesia merupakan negara kesatuan yang berdasarkan kepada ke Tuhanan Yang Maha Esa, yang penduduk Indonesia dari sabang sampai merauke 75% menganut Agama Islam. Presiden pertama Insinyur Sukarno beragama Islam, dan wakilnya Doktor Mohammad Hatta juga putera Islam.
Jadi jelasnya buat pertama kali kekuasaan Indonesia dipegang oleh orang Islam, disusul pula oleh kemerdekaan bangsa India dari tangan bangsa Inggris tahun 1947, dan berbarengan dengan keadaan itu, berdiri pula suatu negara yang memakai dasar Islam yaitu Pakistan, yang didukung oleh rakyatnya 90% yang beragama Islam, yang menjadi kepala negaranya Mohammad Ali Jinnah seorang pemimpin Islam, kemudian Republik Persatuan Arab di Mesir kepala negaranya Jammal Abdel Nasher beragama Islam. Dan kemudian negara Malaysia merdeka, kepala negaranya Tengku Abdul Rahman seorang Islam.
Disusul pula satu demi satu negara-negara di Asia lepas dari belenggu penjajah.
Demikianlah dengan berkah perjuangan rakyatnya bangsa Asia dan Khususnya umat Islam atas Rahmat Tuhan kembalilah kerajaan di Timur di pegang oleh putera-putera Islam. Dan demikian kiranya kemajuan Islam dewasa ini pada abad yang akhir ini. Bersyukurlah kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Selain itu tidak sedikit umat Islam yang minoritas yang berada dalam negara-negara yang baru merdeka, seperti Philipina, muangthai, Kamboja, Birma, India, mereka umat Islam mendapat hak sama dengan rakyatnya yang bukan beragama Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar