23 Juli 2009

CERITA - CERITA YANG ANEH DAN AJAIB

Didalam risalah ini memang diceritakan barang yang aneh dan ajaib, juga barang-barang yang ghaib, yang pernah kejadian dan yang akan terjadi, yang akan dialami oleh umat manusia. Seperti tentang datangnya Imam Mahdi, tentang turunnya Nabi Isa a.s., Ya'juj wa Ma'juj, Daabbatul-Ardhi, dan lain-lain yang terdapat dalam risalah ini. Ini, adalah tertulis di dalam kitab-kitab naskah lama yang dikarang sudah ratusan tahun, ditulis oleh 'ulama-'ulama zaman dahulu dan kemudian disalin dari bahasa arab ke dalam bahasa melayu oleh 'ulama-'ulama kita di zaman itu akan pendapat kami, bahwa 'ulama itu adalah utama. Tidak mungkin keterangan-keterangan itu dibuat-buat atau suatu dongeng-dongeng yang dikarang-karang saja oleh mereka. Sebab kalau keterangan yang diatas sesuatu hayalan yang dikarang oleh 'ulama zaman itu untuk mengelabui pandangan kita umat sekarang ini, maka berdosalah mereka itu, dan kami yakin bukan itulah tujuannya, mereka adalah orang-orang yang Taqwa.
Memang benar kalau kita baca keterangan atau cerita-cerita diatas adalah seperti dalam cerita 1001 malam, seperti tentang untuk manusia raksasa dan keturunannya Ya'juj dan Ma'juj, akan tetapi kalau kita ukur dengan akal dan pikiran kita, dan dengan secara ilmiah hal itu bukan lagi merupakan suatu barang ajaib, dan bukan satu barang yang mustahil. Karena hal itu adalah ghaib yang dapat dipercaya oleh iman dan akal.
Seperti firman Alloh didalam Al-Qur'an :

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ

"(yaitu) mereka yang beriman25 kepada yang ghaib,26".

(25) : Iman ialah kepercayaan yang teguh yang disertai dengan ketundukan dan penyerahan jiwa. Tanda-tanda adanya iman ialah mengerjakan apa yang dikehendaki oleh iman itu.

(26) : Yang ghaib ialah yang tak dapat ditangkap oleh pancaindera. Percaya kepada yang ghjaib yaitu, meng-i'tikadkan adanya sesuatu "yang maujud" yang tidak dapat ditangkap oleh pancaindera, karena ada dalil yang menunjukkan kepada adanya, seperti: adanya Allah, Malaikat-Malaikat, Hari akhirat dan sebagainya.

Maka di dalam riwayat kiamat yang akan datang adalah sesuatu yang ghaib, marilah kita lanjutkan dibawah ini.

كَيْفَ تَكْفُرُونَ بِاللَّهِ وَكُنْتُمْ أَمْوَاتًا فَأَحْيَاكُمْ ۖ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

"Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar