04 Juli 2009

RIWAYAT ROH MENENGOK JASAD DAN KELUARGA DICERITAKAN DALAM RIWAYAT

Setelah tiga hari jasad kasar membujur di dalam kubur, ruh minta ijin kepada Tuhan untuk menengok jasadnya di dalam kubur. Setelah mendapat ijin, ruh itu turun ke bumi datang ke kuburannya. Ia berdiri dipinggir kuburnya, meskipun badannya tertutup tanah, tapi ia dapat melihat. Maka tampaklah jasadnya telah gembung dan berbau dari telinga, hidung dan mulut mengalir air yang busuk.
Sedih melihat tubuhnya sudah demikian, lalu meratap dan menangis katanya : Hai tubuhku yang miskin, ingatkah kamu pada masa yang lalu? Betapa megahnya kamu di alam dunia?
Inilah dia tempat yang sempit, inilah tempat yang berbahaya, inilah tempat menanggung duka.
Kemudian ia kembalilah ke tempatnya. Lima hari kemudian dia memohon lagi ke hadhirat Alloh untuk menengok jasadnya. Setelah mendapat ijin, pergilah ia turun ke bumi untuk menengok kuburnya. Dilihat kini jasadnya makin membusuk dan sudah berulat, ia berdiri di pinggir kuburnya sambil meratap sepuas hati, lalu kembali.
Kemudian sesudah tujuh hari, kembali meminta ijin kepada Tuhan akan melihat jasadnya lagi. Lalu ia turun ke bumi berdiri di pinggir kuburnya, dilihatnya tubuh sudah mulai hancur dagingnya yang telah membusuk dan dimakan ulat. Ketika melihat jasadnya demikian, seperti orang yang melihat rumahnya yang ditinggalkan. Betapa sedihnya, kalau dulu rumahnya indah dan cantik menarik tapi kini setelah ia tinggalkan telah menjadi hancur berantakan dimakan ulat. Katanya :
"Ya jasadku yang hina, beginilah jadinya keadaanmu, selama aku berpisah darimu, manakah anak istrimu yang kamu sayangi? Dimanakah hartamu yang sangat dicintai? Manakah sahabatmu yang kamu kagumi? Setelah itu ia kembali ketempatnya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar